Welcome to Sarana Satwa

BIFIDOBACTERIUM BIFIDUM

  • PDF
  • Print
  • E-mail

Bifidobacterium Bifidum adalah salah satu genus bakteri asam laktat yang hidup di dalam usus besar manusia dan hewan. Beberapa karakteristik dari bakteri ini adalah gram-positif, anaerobik, non-motil (tidak bergerak), tidak membentuk spora, berbentuk batang, dan memiliki persen G+C (guanosin-sitosin) yang tinggi (55-67%). Sel umumnya terlihat berpasangan membentuk huruf V atau Y. Suhu optimal untuk pertumbuhan Bifidobacterium adalah 37-41 °C dan pH optimum antara 6,5-7.

 

 

ASPEK-ASPEK YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MANAGEMEN AYAM PETELUR FASE PRE-STARTER dan STARTER

  • PDF
  • Print
  • E-mail

Suhu brooding tercapai

Suhu yang dingin dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah paru-paru sehingga kerja paru- paru terganggu. Hal ini akan memicu hidrops ascites (perut kembung). Penyempitan pembuluh darah paru-paru juga dapat disebabkan oleh aliran angin yang kencang dan langsung mengenai tubuh ayam.

Pada suhu yang panas ayam akan mengalami panting (megap-megap) mengakibatkan meningkatnya konsumsi minum dan mengurangi konsumsi ransum. Penurunan konsumsi ransum akan menyebabkan asupan nutrisi dalam tubuh berkurang sehingga pertumbuhan terhambat. Sedangkan konsumsi minum yang meningkat akan menyebabkan feses ayam cenderung lebih encer. Feses yang encer menjadikan litter lebih cepat lembab dan memicu peningkatan kadar amonia dalam kandang dan anak ayam akan lebih mudah mengalami dehidrasi yang ditandai dengan kaki dan kulit tubuh yang kering.

 

 

ASPEK-ASPEK YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MANAGEMEN AYAM PETELUR FASE GROWER dan PRE-LAYER

  • PDF
  • Print
  • E-mail

Selama periode ini adalah periode Perkembangan ukuran dan terbentuknya rangka, Perkembangan organ tubuh, Perkembangan hormonal dan Perkembangan organ reproduksi. Untuk itu sangat penting memperhatikan jumlah konsumsi pakan per hari baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Pembatasan pemberian pakan dilakukan bila berat badan yang di peroleh melebihi standar, walaupun pada umumnya pemberian pakan tanpa batas dapat dianjurkan.

Bila berat badan sejalan dengan kurva yang ada, pada umur 10 minggu, pakan dapat diubah dari pakan starter ke grower.  Jika berat kelompok lebih rendah, aturlah pakan starternya sampai berat badannya sesuai dengan umurnya.

 

 

AIR MINUM PADA AYAM

  • PDF
  • Print
  • E-mail

Air merupakan unsur yang sangat penting setelah udara (Oksigen) untuk kelangsungan hidup ayam karena Air merupakan komponen penyusun tubuh anak ayam dengan persentase terbesar, yaitu 85% dan persentase ini sedikit menurun saat anak ayam tumbuh menjadi dewasa, menjadi 60%. Pada telur, persentase air bisa mencapai 70%. Dan yang mengesankan di setiap organ dan komponen tubuh sebagian besar terdiri atas air, yaitu darah 83%, otot 75-80%, otak 75% bahkan di dalam tulang persentase kandungan air mencapai 20%, ini berarti air mempunyai fungsi dan peranan yang begitu besar dan signifikan.

 

 

Page 21 of 27