MANFAAT AIR KELAPA

Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna.
Pohon kelapa diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.
Pohon kelapa dapat tumbuh hingga ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, namun seiring dengan meningkatnya ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan.
Buah kelapa adalah bagian paling bernilai ekonomi. Sabut, bagian mesokarp yang berupa serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai bahan bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bagi anggrek. Tempurung atau batok, yang sebetulnya adalah bagian endokarp, dipakai sebagai bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan bahan baku berbagai kerajinan tangan.

Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok /daging buah kelapa adalah sumber penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memilki khasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang.
Beberapa kelapa bermutasi sehingga endapannya tidak melekat pada dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma. Mutasi ini disebut (kelapa) kopyor. Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas dan cairannya dinamakan santan. Daging buah tua ini juga dapat diambil dan dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yang disebut kopra. Kopra adalah bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak menjadi bahan minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopra. Namun demikian, cairan ini dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yang disebut nata de coco dan merupakan bahan campuran minuman penyegar. Daging buah kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai penambah aroma pada masakan daging serta dapat dimanfaatkan sebagai obat rambut yang rontok dan mudah patah.

Air kelapa adalah salah satu jenis minuman yang lezat sekaligus menyehatkan. Meminum air kelapa sangat dianjurkan saat Anda sedang haus, karena air buah tropis ini dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi dan mengembalikan ion tubuh dengan cepat. Air kelapa memberikan efek menenangkan tubuh dan membantu mengurangi panas tubuh dengan cepat. Manfaat lain dari air kelapa adalah dapat dijadikan sebagai obat hepatitis, radang dan hati. Selain itu air kelapa juga dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan virus seperti herpes, flu bahkan AIDS.

Minyak kelapa mengandung trigliserida yang tersusun dari lemak rantai sedang ( C6- C12).
Asam lemak dalam minyak kelapa adalah C8 5- %, C 10 6 – 10 % dan C 12 44 – 45 % (total 55- 65 % asam lemak rantai sedang).
Trigliserida asam lemak rantai sedang dapat digunakan untuk mengatasi hiperlipidemia dan kegemukan serta dapat digunakan dalam ransum untuk pasien pasca bedah dan bayi premature.

Daging buah kelapa mengandung 0 ,2 mg vitamin E (sebagai tokoferol), namun proses produksi minyak secara konvensional yang biasanya mengaplikasikan panas dan tekanan, mengurangi kandungan tokoferol dalam hasil akhir.

Kandungan vitamin E optimum dapat diperoleh melalui perbaikan proses, yaitu dengan proses sentrifugasi santan dan produk yang dihasilkan dikenal dengan nama virgin oil.

Virgin oil mempunyai aroma kelapa segar. Saat ini Virgin oil yang lebih dikenal dengan VCO ( Virgin Coconut Oil ) diyakini manfaatnya untuk mengatasi penyakit kanker bahkan dianggap buah dan air kelapa ini memiliki keampuhan lebih baik dibandingkan dengan buah merah ( Pandanus conoideus ).

Air kelapa muda (7 – 8 bulan) mengandung protein 0 ,13 g, minyak 0 ,12 g, karbohidrat 4 ,11 g, mineral Ca 20 mg, Fe 0 ,5 mg, vitamin asam askorbat 2 ,2 – 3 ,7 mg dan air 95 ,01/100 g.

Berbagai penelitian telah menunjukkan jika manfaat air kelapa secara khusus dianjurkan dikonsumsi oleh wanita yang menderita nyeri menopause. Banyak yang mengatakan jika meminum air putih baik bagi kesehatan, namun tentu saja ada kalanya Anda bosan meminum air putih secara terus menerus, air kelapa air kelapa bisa dijadikan alternatif lain yang menyehatkan. Bagi Anda yang sedang menjalani diet tidak perlu khawatir mengkonsumsi air kelapa karena tidak akan menambah berat badan Anda. Hal penting tentang air kelapa adalah Anda tidak perlu khawatir akan efek sampingnya. Air kelapa aman jika Anda konsumsi setiap hari karena meskipun memiliki rasa yang sedikit manis, namun minuman ini benar-benar nol kolesterol.

Selain berbagai manfaat air kelapa untuk kesehatan, Anda juga dapat memanfaatkan kelapa untuk mempercantik diri. Air kelapa dapat membuat kulit nampak cerah dan bersinar. Air kelapa mampu mengirim oksigen ke seluruh sel tubuh Anda. Dengan mengkonsumsi secara rutin dapat membantu mengurangi pigmentasi yang berlebihan, meningkatkan sirkulasi, dan memberikan membuat kulit Anda nampak bersinar alami. Hal ini juga yang mendasari digunakannya air kelapa sebagai salah satu bahan untuk membuat produk-produk kecantikan.

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang amat baik untuk kesehatan tubuh kita, dan mempunyai kandungan elektrolit yang sama juga dengan darah kita. Dan juga air kelapa difungsikan pada waktu perang pasifik pada tahun 1941-1945 sebagai pengganti transfusi plasma darurat, dialirkan secara langsung dari buahnya pada para tentara yang sedang terluka.

Air kelapa banyak dikonsumsi secara langsung. Namun ada hal yang perlu diperhatikan berhubungan dengan air kelapa. Sekali terkena udara, air kelapa dapat cepat kehilangan kadar organ oleptik dan nutrisi serta dapat menyebabkan sistem permentasi. Oleh sebab itu, sebaiknya sehabis mengupas buah kelapa, maka segeralah mengkonsumi air kelapa tersebut.

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan tubuh kita.
  1. Meredakan suhu tubuh yang panas dan melindungi pada suhu yang cocok.
  2. Mengembalikan cairan tubuh yang hilang, sebab air kelapa merupakan salah satu minuman isotonik alami.
  3. Menyalurkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh.
  4. Menambah metabolisme dan kekebalan tubuh.
  5. Menurunkan berat badan dengan kalori yang rendah yang dikandungnya.
  6. Membantu membersihkan dan melancarkan saluran pencernaan.
  7. Mencegah dan mengobati diabetes, dikarenakan air kelapa rendah kadar gulanya.
  8. Menyeimbangkan ph tubuh serta mengurangi resiko terkena penyakit kanker.
  9. Menolong menyembuhkan batu ginjal serta saluran kemih.
  10. Air kelapa mempunyai banyak nutrisi dibandingkan susu, sudah pasti air kelapa rendah lemak serta kolesterol.
  11. Kandungan asam laurat yang terdapat pada air kelapa lebih baik dari susu bayi instan, biasanya juga terdapat juga pada ASI ( air susu ibu )
  12. Air kelapa merupakan donor universal, dikarenakan kandungannya yang nyaris sama juga dengan darah manusia.
  13. Membersihkan racun dari dalam tubuh (detoxifikasi)
  14. Mengatasi jerawat, noda hitam, kerutan pada wajah dan kulit kering.
  15. Melebatkan dan menyehatkan rambut. dll

Unsur Nutrisi dan Kimia yang terkandung dalam Air Kelapa

Kadar air 90,59 %
Kalori 437 kkal/100gr
Minyak 26,67 %
Protein 10,67 %
Serat kasar 3,98 %
Total karbonhidarat 38,45 %
Pati 13,53 %
Glukosa 24,92 %

ASAM AMINO
  • Isoleusin 2,5 gr/16 gr N,
  • Leusin 4,9 gr/16 g N,
  • Lisin 2,7 gr/16 gr N,
  • Metionin 1,5 gr/16 gr N,
  • Threosin 2,3 gr/16 gr N,
  • Tripthopan 0,6 gr/16 gr N
  • Valin 3 ,8 gr/16 gr N

MINERAL
  • Fe 17 ppm
  • S 4 ,4 ppm
  • Cu 3 ,2 ppm
  • P 2.4 ppm

VITAMIN
  • vitamin C 10 ppm
  • vitamin B 15 IU, vitamin E 2 ppm

 

(dari berbagai sumber)

 

Comments   

 
0 #2 Brofit 2016-03-11 03:05
Jasa Pembuatan Website Profesional
Kenali Manfaat Website untuk bisnis Anda
Quote
 
 
0 #1 Bailey 2015-05-11 08:12
You really makе it appear ѕo easy ɑlοng ԝith youг presentation but Ӏ find this topic to bе
actually оne thing thаt I think І miǥht never understand.
Іt seеms too complex and vеry huɡe fоr me. I'm takіng a lοok forward to your next publish, ӏ will trу tߋ
ǥеt the hold of it!

My webpage :: Jasa Pembuatan Website Murah: http://tinyurl.com/nkps9pc
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh