Aspek Imunologi Probiotik

Mukosa saluran cerna merupakan barier utama mengeliminasi antigen yang masuk melalui makanan. Saluran cerna memiliki pertahanan alami yang terdiri dari :

  • Saliva
  • Asam lambung
  • Peristaltik
  • Intestinal proteolysis

Apabila jumlah antigen melebihi kapasitas pertahanan alamiah tersebut maka antigen akan masuk ke dalam tubuh dan akan bermanifestasi klinis sebagai keluhan/penyakit. Mikroba dalam saluran cerna meupakan populasi kompleks karena terdiri dari berbagai jenis mikroba untuk mempertahankan homeostatis sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang normal akan mempengaruhi imunitas tubuh. Pada pencernaan yang normal akan dihasilkan keseimbangan factor proinflamatory dan proteksi.

  1. Faktor Proinflamatory.

Yang dihasilkan antara lain adalah bakteri pathogen, eksotoksin-endotoksin, enzim pencernaan, antigen dari pencernaan, antigen dari makanan, IFN gama, dan TNF alfa.

  1. Faktor Proteksi

Yang dihasilkan terdiri dari PROBIOTIK, imun mukosa, sIgA, PGE2, PGI2, IL-1, IL-10, dan TGF beta.

Keseimbangan antara host defence mechanism dan antigen dalam tubuh akan menghasilkan status imunitas yang baik dan akan sangat menguntungkan imunitas mukosa. Probiotik didefinisikan sebagai salah satu food supplement yang mengandung microbial hidup yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Probiotik dibuat dari bahan-bahan mikroba yang ada disaluran cerna normal dan terbanyak dari golongan Lactobacillus dan Bifidobacteriae. Probiotik ini dapat membantu mengeliminasi antigen yang masuk bersama makanan. Dahulu konsep pemberian probiotik bertujuan untuk menambah mikroba baik dalam saluran cerna agar eliminasi antigen dapat lebih baik. Namun berdasarkan

 

Add comment


Security code
Refresh