VITAMIN

Perkuat Kondisi Ayam

Vitamin banyak manfaatnya. Ayam tak bisa menghasilkan Vitamin ini.

Memberikan Vitamin pada ayam berarti memperkuat kondisi ayam.

Salah satu manfaat penting dari vitamin pada unggas adalah memperkuat kondisi kesehatan ayam yang kemudian secara tidak langsung mempengaruhi kemampuan produksinya.

ASUMSI sebagian peternak ayam, pemberian vitamin adalah pemborosan. Mereka berpendapat bahwa vitamin itu sudah cukup memadai ada di dalam pakan baik pakan jadi maupun konsentrat. “Bila masih harus diberikan dalam campuran pakan hal itu adalah pemborosan.

Bahkan ada beberapa di antaranya mengajukan pertanyaan: “Apakah ada penyakit yang disebabkan oleh karena kekurangan vitamin?”. Padahal diungkap oleh Dosen Universitas Negeri Yogyakarta Drh.Heru Nurcahyo MKes PhD kepada Infovet, vitamin yang dibutuhkan unggas sangat tidak cukup hanya bergantung dari pakan yang setiap hari diberikan. Untuk itu, Pemberian vitamin pada unggas dengan titik berat dibudidayakan pada optimalisasi produksi harus secara teratur dan tepat ukuran.”

Tak mudah menyadarkan peternak arti penting vitamin pada unggas, tapi sebagian peternak profesional terutama peternak ayam petelur menyadari hal itu, sehingga secara seksama memperhatikan kebutuhan zat tersebut dalam ransumnya. Pemberian vitamin secara teratur, dengan sendirinya akan mendongkrak kemampuan produksi ternak melalui perbaikan status kondisi kesehatannya dan optimalisasi fungsi dan organ-organ tubuh ayam. Pencerahan dan upaya mencerdaskan pelaku perunggasan domestik menjadi tanggung jawab semua pihak yang terkait dan peduli. Tanpa langkah itu dikhawatirkan ketertinggalan dengan dunia luar akan semakin jauh.

Vitamin adalah istilah umum untuk segolongan zat organik yang terdapat dalam jumlah kecil dalam berbagai bahan makanan, diperlukan untuk pertukaran zat normal, pertumbuhan, perkembangan badan. Kata Iainnya, vitamin merupakan suatu bagian dan nutrien yang sangat dibutuhkan sekali oleh makhluk hidup. Akan tetapi, beberapa dari makhluk hidup tidak mampu memproduksi di dalam tubuhnya. Padahal zat tersebut sangat esensial, meski terkadang volume yang dibutuhkan sangat-sangat mikro sekali.

Keberadaan vitamin di dalam tubuh makluk hidup termasuk unggas, memegang peranan penting dalam proses metabolisme zat makanan seperti lemak, protein dan kharbohidrat serta mineral. Keberhasilan

Berbagai bahan makanan yang masuk akan diubah menjadi energi untuk kepentingan hidup serta kehidupan makhluk itu juga yang paling penting adalah tercapainya produksi secara optimal Dan di sini ada arti penting yang harus ditanamkan kepada para peternak unggas adalah aspek ketidak mampuan di dalam tubuh unggas dalam memproduksi/mensintesa vitamin (Unggas Tak Mampu Bikin Vitamin didalam tubuh).

VITAMIN DALAM PAKAN?

Masukan atau intake vitamin dalam pakan yang dikonsumsi harus selalu tersedia secara cukup meski dalam jumlah atau volume yang kecil.

“Asumsi peternak yang membebankan kebutuhan vitamin pada pakan. Memang tidaklah 100% salah oleh karena memang seharusnya di dalam setiap ransum sudah ada mikronutrien tersebut,” tukas Heru.

Yang harus diberikan pengertian, bahwa vitamin yang terdapat dalam ransum tersebut sangat peka sekali terhadap kondisi lingkungan yang tidak bersahabat. Artinya kandungan vitamin itu akan mudah berkurang volumenya bahkan hilang sama sekali apabila mengalami hal-hal seperti kena panas dan kelembaban. Di samping itu, lama penyimpanan dan cara simpan pakan yang tidak baik juga menyebabkan rusaknya vitamin di dalam pakan.

VITAMIN UNTUK PRODUKSI DAN SAAT SAKIT

Bila dikaitkan dengan fungsi dan tujuan pokok budidaya unggas dirancang untuk berproduksi secara optimal baik telur maupun daging, maka kebutuhan vitamin sangat punya makna yang tak bisa diabaikan.

Sedangkan pemberian vitamin terhadap unggas, sangatlah besar manfaatnya. terutama bila unggas menderita sakit (meski sakit bukan karena kekurangan vitamin). salah satu penyakit yang akan menggangu proses penyerapan zat-zat makanan adalah penyakit yang merusak dinding usus. Untuk itu di samping harus ada pengobatan atas agen penyakit yang menyebabkan rusaknya dinding usus, pemberian vitamin yang mendorong dan membantu kembalinya fungsi dinding usus adalah sangat penting.

Penyakit-penyakit pada saluran pencernaan yang umumnya mengganggu proses penyerapan akan menyebabkan hilangnya banyak vitamin dan sari-sari makanan yang lainnya, yang mana sangat penting dalam proses metabolisme dan juga optimalisasi metabolisme di dalam tubuh makhluk hidup, berarti fungsi atau fisiologis alami  tubuh akan tercapai. Tak terkecuali, lepasnya makhluk hidup dari gangguan kesehatan seperti penyakit infeksius dan dan penyakit non infeksius seperti gangguan fungsi alat-alat tersebut.

Salah satu manfaat penting dan vitamin pada unggas adalah memperkuat kondisi kesehatan ayam yang kemudian secara tidak langsung mempengaruhi kemampuan produksinya (telur dan daging).

Dengan demikian Jelas, kehadiran vitamin sangat  bermakna bagi ayam.

(Disarikan dari : Majalah Invofet)